struktur teks dan genre mikro pada laporan penelitian
Nama mata kuliah : Bahasa Indonesia
Nama dosen penyaji : Dr. Mahmudah, M.Hum.
Nama Mahasiswa : Muhammad Ridzky Aryandi
Nim : 1931040022
Universitas : Universitas Negeri Makassar
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan
Jurusan : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kelas : A
Angkatan : 2019
IDENTITAS SKRIPSI
Judul : SURVEI MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKULIKULER OLAHRAGA BOLA BASKET PADA SMP NEGERI 27 MAKASSAR
Nama : SUPRIADI
Nim : 1431040022
Tahun penulisan : 2017
Nama pembimbing :
Pembimbing 1 : Drs.H.Baharuddin, M.pd.
Pembimbing 2 : Dr. Juhanis, M.pd.
Nama penyaji : Supriadi
Struktur Teks
|
Genre Mikro Yang diharapkan
|
Fungsi Retoris
|
Abstrak
|
Abstrak
|
Bagian Abstrak hanya menjelaskan 3 bagian yaitu :
1. Masalah : Survei
minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler Olahraga bola basket pada siswa
SMP Negeri 27 Makassar
Tujuan
Penelitian : Untuk mengetahui berapa
besar minat siswa terhadap kegiatan Olahraga bola baske tpada siswa SMP
Negeri 27 Makassar
2. Metode dan teknik
yang digunakan yaitu Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dan teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dengan perhitungan
dalam angket dengan menggunakan
skala likert.
3. Hasil temuan :
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa data survei minat
siswa terhadap kegiatan
ekstrakurikuler Olahraga bola basket pada siswa SMP Negeri 27 Makassar. Hasil
peneltian ini menunjukkan bahwa
minat terhadap kegiatan ekstrakurikuler Olahraga bola basket pada siswa SMP
Negeri 27 Makassar
diperoleh beberapa kategori , kategori motivasi dan cita tinggi (60%),
kategori sikap terhadap guru dan pelajar sedang
(36,67%), kategori keluarga tinggi (33,33%), kategori sarana dan prasarana
tinggi (43,33%), kategori media massa
tinggi (40%), kategori minat ekstrakurikuler olaharaga bola basket SMPN 27
Makassar tergolong tinggi dengan presentase (36,67%)
4.
Saya tidak menemukan simpulan, implikasi, dan atau saran.
|
Pendahuluan
|
Eksposisi (dan atau meliputi deskripsi)
|
1. Latar belakang
penelitian yang dilaksanakan :
Untuk membuktikan bahwa disekolah tersebut memang siswanya
antusias dalam setiap pertandingan bola basket dan memiliki minat yang tinggi terhadap permainan
bola basket.
2. Permasalahan yang diteliti :
Seberapa besar minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler
olahraga bola basket pada siswa SMP Negeri 27 Makassar
3. Tujuan penelitian :
Agar mengetahui besar minat siswa terhadap kegiatan
ekstrakurikuler olahraga pada bola basket pada siswa SMP 27 Makassar.
4. Pentingnya masalah diteliti :
1). Untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai survei siswa
terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga bola basket pada
siswa SMP Negeri 27 Makassar.
2). Agar pihak sekolah dapat mengetahui sejauh mana minat siswa
terhadap kegiatan ekstrakurikuler Olahraga bola basket dan
memperoleh informasi mengenai bibit pemain basket di SMP Negeri 27 Makassar.
3). Agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami tentang metode
penelitian survey minat.
4). Sebagai referensi bagi peneliti masa depan saat ingin
melakukan penelitian.
5. Saya tidak menemukan pendekatan/ metode/teknik yang digunakan
untuk mencapai tujuan pada bagian pendahuluan
|
Landasan Teori
Dan Tinjauan Pustaka
|
Review
|
Ulasan teoritis tentang dasar pemikiran yang digunakan untuk
memecahkan masalah :
1. (Penelitian survei) yang didalamnya terdapat pengertian
survei, jenis jenis penelitian survei, dan langkah-langkah penelitian survei.
2. (Minat belajar) yang
didalamnya terdapat pengertian minat, bentuk-bentuk minat, faktor-faktor yang mempengaruhi
minat, dan cara menentukan minat.
3. (Permainan bola basket) yang didalamnya terdapat pengertian
bola basket dan sejarah bola basket, lapangan,dan peralatan.
(saya tidak menemukan adanya ulasan tentang penelitian
sebelumnya dan perbandingan dengan penelitian yang dilaporkan ini)
|
Metode Penelitian
|
Deskripsi (dan atau meliputi laporan, rekon, prosedur)
|
1. Saya tidak menemukan metode pendekatan dalam metode penelitian ini
2. Dalam penelitian menggunakan metode Survei yaitu yang mengambil
sampel dari suatu populasi menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data
yang pokok. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif.
Teknik pengumpulan data :
Kuesioner/angket yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
cara member seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden,
Teknik analisis data :
Teknik analisi data ini menggunakan teknik analisi data deskriptif. Sedangkan
perhitungan dalam angket menggunakan skala likert.
1. Analisi data likert
a. Menghitung skor tiap item dalam penelitian
b. Menentukan kriterium skor
2. Analisis data deskriptif
a. Menentukan rentang kelas
b. Menentukan banyak kelas
c. Menentukan panjang kelas/interval
d. Menghitung rata-rata
f. Kategorisasi
|
Hasil Penelitian Dan Pembahasan
|
Deskripsi( dan atau meliputi laporan, diskusi, ekspalanasi)
|
A. Hasil pengujian analisis data
1. Analisis Skala Likert
Pernyataan item No.
1 : saya senang dengan olahraga basket
Dari hasil survei
menunjukkan bahwa saya senang dengan olahraga basket. Hal ini
Dapat dilihat dari
hasil 30 responden diperoleh jawaban:
Menjawab 5 = 9 orang
Menjawab 4 = 13 orang
Menjawab 3 = 8 orang
Menjawab 2 = 0 orang
Menjawab 1 = 0 orang
Jumlah skor untuk 9 orang menjawab 5 = 9 x 5
= 45
Jumlah skor untuk 13
orang menjawab 4 = 13 x 4 = 52
Jumlah skor untuk 8
orang menjawab 3 = 8 x 3 = 24
Jumlah skor untuk 0
orang menjawab 2 = 0 x 2 = 0
Jumlah skor untuk 0
orang menjawab 1 = 0 x 1 = 0
Jumlah skorn ideal untuk
item No. 1 (skor tertinggi) = 5 x 30 = 150 (ss)
Jumlah skor rendah = 1 x 30 = 30 (sts)
Berdasarkan data (item
No. 1) yang diperoleh dari 30 responden, saya senang
Dengan olahraga basket. Secara kontinum dapat dilihat seperti:
Jadi, berdasarkan data
(item No.1) yang diperoleh dari 30 responden, saya senang
Dengan olahraga basket yaitu 121/
150 x 100% = 80,66% tergolong sangat kuat.
Persentase kelompok responden untuk item No. 1 dapat dilihat
Angka
0% - 20% = Sangat lemah
Angka 21% - 40% = Lemah
Angka 41% - 60% = Cukup
Angka 61% - 80% = Kuat
Angka 81% - 100% =
Sangat kuat
Pernyataan item No. 2 :
Saya tertarik berlatih basket karena dapat meningkatkan
Kedisiplinan.
Dari hasil menunjukkan
bahwa saya tertarik berlatih basket karena dapat
Meningkatkan kedisiplinan. Hal ini dapat dilihat dari hasil 30 responden
di peroleh jawaban:
Menjawab 5 = 3 orang
Menjawab 4 = 14 orang
Menjawab 3 = 9 orang
Menjawab 2 = 4 orang
Menjawab 1 = 0 orang
Jumlah skor untuk 3 orang
menjawab 5 = 3 x 5 = 30
Jumlah skor untuk 14 orang
menjawab 4 = 14 x 4 = 56
Jumlah skor untuk 9 orang
menjawab 3 = 9 x 3 = 27
Jumlah skor untuk 4 orang
menjawab 2 = 4 x 2 = 8
Jumlah skor untuk 0 orang
menjawab 1 = 0 x 1 = 0
Jumlah skor ideal untuk
item No. 2 (skor tertinggi) = 5 x 30 = 150 (ss)
Jumlah skor rendah = 1 x 30 = 30 (sts)
Berdasarkan data (item No.
2) yang diperoleh dari 30 responden, saya tertarik
berlatih basket karena dapat meningkatkan kedisiplinan. Secara
kontinum dapat dilihat
seperti:
Jadi, berdasarkan data
(item No. 2) yang diperoleh dari 30 responden, saya tertarik
berlatih basket karena dapat meningkatkan kedisipinan yaitu 106 / 150
x 100% = 70,66%
tergolong kuat.
|
Penutup
|
Eksposisi (dan atau meliputi
deskripsi)
|
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil
penelitian dapat disimpulkan yaitu sirveu minat siswa terhadap kegiatan
ekstrakulikuler olahraga bola basket pada siswa SMP Negeri 27 Makassar hasil
analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat yang mendasari keikutsertaan
siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler bola basket pada siswa SMP Negeri 27
makassar diperoleh 6.67 dengan kategori sangat rtinggi, 36.67 dalam tinggi,
36.67 dalam kategori sedang, 13,33 dalam ketegori renda dan 6,67 dalam
kategori sangat rendah. Dan adapun beberapa faktor mempengaruhi, motifasi dan
cita dari hasil analisi data sangat cenderung faktor ini seharusnya mendorong
siswa untuk mengembangkan bakat dan minat terutama dLalam permainan bola
basket, karena data yang diperoleh hanya 3.33 % dalam kategorri sangat
tinggi. Sikap terhadap guru dan pelajar faktor ini sangat tegolong sangat
mempengaruhi dalam proses pembelajarn
bola basket. Keluarga faktor ini adalah faktor pendorong sangat kuat selain media pembelajar, karena faktor dasar
untuk siswa dalam melakukan aktifitas dalan lingkup sekolah, dan dorongan dan
motifasi dalam pengembangan bakat dan minat Sangat berpengaruh dalam jenjang prestasi
siswa kedepannya. Sarana dan prasana juga sangat efektif dalam hal
pengembangan kegiatan sekolah. Media massa adalah faktor terakhir. Media sebenarnya sangat berpengaruh dalam hal
memperoleh informasi khususnya informasi tentang tata cara pengembangan minat
siswa dalam pembelajaran khususnya media pembelajaran bola basket.
B. Saran
Berdasarlkan hasil
penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 27 Makassar, peneliti menyarankan
agar pihak sekolah bisa mempertahankan minat belajar siswa dalam permainan
bola basket, akan tetapi pihak sekolah setidknya lebih meningkatkan lagi
minat belajar siswa dipermainan boal basket, dan lebih efektif jika sekolah
bekerja sama dengan olahraga siswa
dalam hal pengembangan kedepannya bisa mencapai target dengan prestasi yang
lebih memuaskan. Kususnya olahraga bola basket.
|
Kelebihan Dan kelemahanya apa
BalasHapusKDAI PILADEL | Play online casino game for free
BalasHapusThe kadangpintar KDAI online casino games are a great selection of slots, roulette, blackjack and roulette. They offer a huge selection choegocasino of 1xbet slot, poker, casino games